Kamis, 20 Januari 2011

Sekilas Tentang SIMKES ( Sistem Informasi Manajemen Kesehatan)

SIMKES , bidang apa ya? Bagi para dokter mungkin bidang baru yang di zaman kuliahnya belum ada. Simkes membahas bidang sistem informasi Kesehatan. Ya..bidang IT-lah (informasi teknologi). Berikut saya cuplik dari websitenya UGM tentang bidang simkes:
Sektor kesehatan merupakan bidang yang kaya informasi (information-intensive domain). Sayangnya, bidang ini relatif tertinggal dalam menerapkan konsep, aplikasi maupun inovasi pengelolaan informasi untuk mewujudkan pelayanan, pendidikan dan penelitian kesehatan yang efektif, efisien dan bermutu tinggi. Dengan semakin ketatnya persaingan, pengelolaan informasi, pembelajaran, pengetahuan dan kewaskitaan (wisdom) merupakan kunci kelangsungan hidup organisasi kesehatan.
Beberapa organisasi kesehatan di Indonesia menghadapi beberapa masalah seperti lemahnya surveilans, kegagalan pengembangan SIK dan billing systems di beberapa daerah dan rumah sakit menunjukkan betapa mendesaknya kebutuhan terhadap tenaga ahli sistem dan manajemen informasi kesehatan. Tenaga ahli tersebut diharapkan tidak hanya mampu mendiagnosis masalah yang terkait dengan sistem dan manajemen informasi, namun juga mampu memberikan solusi dengan pendekatan sistem (system thinking).
Menanggapi langkanya tenaga ahli sistem dan manajemen informasi kesehatan di Indonesia, minat SIMKES menawarkan sarana, proses, metode pembelajaran dan teknologi terkini untuk menghasilkan tenaga professional dalam bidang sistem dan manajemen informasi kesehatan.
Saat ini SIMKES telah memiliki 4 angkatan dengan jumlah angkatan pertama 19 orang, angkatan kedua 35 orang, angkatan ketiga 33 orang dan angkatan keempat 19 orang. SIMKES telah meluluskan lebih dari 50 orang dari tiga angkatan pertama.
Topik penelitian di SIMKES meliputi :
• Sistem informasi geografis
• Sistem informasi dinas kesehatan, rumah sakit, klinik, dan puskesmas
• Sistem informasi surveilans penyakit
• Sistem informasi kewaspadaan pangan
• Sistem informasi kesehatan pada saat bencana
• E-learning, sistem informasi pendidikan tenaga kesehatan
• Sistem pelaporan gizi, sistem informasi kepegawaian
• Perancangan situs web dinas kesehatan
• dan distribusi spasial kasus malaria.
Minat SIMKES diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang menguasai sistem dan manajemen informasi kesehatan. Secara khusus program pendidikan ini bertujuan untuk mendidik peserta agar mampu:
• Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang dan merekayasa sistem informasi untuk peningkatan kinerja pelayanan kesehatan
• Mengidentifikasi dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem dan manajemen informasi kesehatan.
• Memiliki wawasan yang komprehensif mengenai cakupan informatika kesehatan (dari bioinformatika kedokteran, informatika klinis sampai dengan informatika kesehatan masyarakat termasuk multimedia) dan mengembangkan program informatika kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar