Kamis, 20 Januari 2011

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPERAWATAN (SIMKEP)

Sistem Informasi Perpustakaan

Sistem Informasi Perpustakaan berasal dari pemikiran dasar bagaimana cara kita mengotomatisasi berbagai proses dalam suatu Perpustakaan. SIPERPUS atau sistem informasi perpustakaan adalah sebuah sistem yang terpadu untuk menyediakan informasi guna mendukung kinerja perpustakaan seperti operasi, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan.
Sistem Informasi Perpustakaan (SIPERPUS) merupakan software atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mempermudah proses pendataan koleksi perpustakaan, katalog, data anggota /peminjam, transaksi dan sirkulasi koleksi perpustakaan.
Semua sistem akan bekerja secara sistematis sehingga dapat membantu administrasi dan operasional Perpustakaan serta dapat membuat laporan yang baik dan berguna bagi manajemen perpustakaan. Software atau perangkat lunak kami telah dipakai di banyak instansi maupun lembaga yang menjadi portofolio kami.
SIPERPUS yang kami rancang terdiri dari beberapa versi : Perguruan Tinggi, Sekolah dan Pemerintah Daerah. Sistem kami sudah dilengkapi dengan fasilitas BARCODE READER yang akan mempercepat proses transaksi operasional Perpustakaan.
Sistem Informasi Perpustakaan (SIPERPUS) yang kami rancang merupakan sistem informasi yang berbasis WEB (Web Based) dengan bahasa pemrograman dan database yang bersifat Open Source/Free, di mana user/klien kami tidak perlu lagi membeli software-software pendukung guna mengaplikasikan SIPERPUS tersebut. Dengan penggunaan teknologi Web Based, akan memudahkan penggunaan SIPERPUS tersebut dalam suatu jaringan Client-Server, baik yang bersifat Local maupun Internet/Online.
FITUR-FITUR dalam SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (1 Paket) :
• MODUL DATA INDUK ANGGOTA
Menyediakan fasilitas untuk menambah, mengedit dan menghapus data anggota perpustakaan
• MODUL DATA INDUK BUKU
Fasilitas untuk menambah, mengedit dan menghapus data buku-buku perpustakaan
• MODUL DATA INDUK INVENTARIS BUKU
Digunakan untuk memasukkan data inventaris buku (fisik), seperti Nomor Inventaris, Tanggal Inventaris dan Asal Buku.
• MODUL TRANSAKSI
Merupakan fasilitas untuk mencatat peminjaman dan pengembalian buku maupun perpanjangan peminjaman.
• MODUL PENCATATAN BUKU HILANG/RUSAK
Pendataan buku yang hilang / rusak serta biaya penggantiannya.
• KONFIGURASI
Konfigurasi sistem seperti jumlah maksimal peminjaman buku, lama peminjaman, denda per hari, jumlah maksimal perpanjangan buku, dll.
• CETAK LAPORAN
- Laporan-laporan yang dapat dihasilkan, antara lain :
- Laporan Anggota Berdasar Jurusan
- Laporan Anggota Berdasar Tanggal Mendaftar
- Laporan Buku Berdasar Jurusan
- Laporan Inventaris Buku
- Laporan Peminjaman Per Periode
- Laporan Peminjaman Berdasar No. Mhs
- Laporan Pengembalian Per Periode
- Laporan Buku Yang Belum Dikembalikan
- Laporan Denda Per Periode
- Laporan Buku Hilang/Rusak, dll.
• SETUP USER
Setting administrator dan user beserta hak akses terhadap sistem.
Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan dapat meningkatkan mutu dan kredibillitas layanan secara menyeluruh, baik layanan yang berhubungan dengan pihak-pihak di luar institusi maupun internal institusi itu sendiri.
Kenapa Sistem Informasi Perpustakaan kami UNGGUL ?
• Sistem Berbasis Web (Apache-PHP-AJAX-MySQL-CSS).
• Framework : CODE IGNITER.
• Fitur sistem dapat di-customize sesuai kebutuhan dan keinginan pengguna.
• Free Update setiap ada penambahan fitur-fitur minor yang baru.
• Free layanan Migrasi Database dari sistem lain.
• Free Instalasi di Intranet/Internet.
• Free Buku Manual Penggunaan.
• Free Pelatihan Pengguna/Administrator Sistem.
• Garansi Sistem dan Free Pendampingan.
AIR MEDIA telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam perancangan hingga penerapan software pada suatu instansi. Fokus utama kami adalah membantu klien hingga software kami betul-betul dapat diaplikasikan pada instansinya. Dan semua layanan tersebut dapat Anda dapatkan 1 paket sewaktu Anda menggunakan produk/jasa kami.
Software yang BAIK adalah software yang SESUAI dengan kebutuhan user. Dan software akan semakin lebih baik jika software tersebut betul-betul digunakan dan membawa manfaat yang positif bagi user.

Sekilas Tentang SIMKES ( Sistem Informasi Manajemen Kesehatan)

SIMKES , bidang apa ya? Bagi para dokter mungkin bidang baru yang di zaman kuliahnya belum ada. Simkes membahas bidang sistem informasi Kesehatan. Ya..bidang IT-lah (informasi teknologi). Berikut saya cuplik dari websitenya UGM tentang bidang simkes:
Sektor kesehatan merupakan bidang yang kaya informasi (information-intensive domain). Sayangnya, bidang ini relatif tertinggal dalam menerapkan konsep, aplikasi maupun inovasi pengelolaan informasi untuk mewujudkan pelayanan, pendidikan dan penelitian kesehatan yang efektif, efisien dan bermutu tinggi. Dengan semakin ketatnya persaingan, pengelolaan informasi, pembelajaran, pengetahuan dan kewaskitaan (wisdom) merupakan kunci kelangsungan hidup organisasi kesehatan.
Beberapa organisasi kesehatan di Indonesia menghadapi beberapa masalah seperti lemahnya surveilans, kegagalan pengembangan SIK dan billing systems di beberapa daerah dan rumah sakit menunjukkan betapa mendesaknya kebutuhan terhadap tenaga ahli sistem dan manajemen informasi kesehatan. Tenaga ahli tersebut diharapkan tidak hanya mampu mendiagnosis masalah yang terkait dengan sistem dan manajemen informasi, namun juga mampu memberikan solusi dengan pendekatan sistem (system thinking).
Menanggapi langkanya tenaga ahli sistem dan manajemen informasi kesehatan di Indonesia, minat SIMKES menawarkan sarana, proses, metode pembelajaran dan teknologi terkini untuk menghasilkan tenaga professional dalam bidang sistem dan manajemen informasi kesehatan.
Saat ini SIMKES telah memiliki 4 angkatan dengan jumlah angkatan pertama 19 orang, angkatan kedua 35 orang, angkatan ketiga 33 orang dan angkatan keempat 19 orang. SIMKES telah meluluskan lebih dari 50 orang dari tiga angkatan pertama.
Topik penelitian di SIMKES meliputi :
• Sistem informasi geografis
• Sistem informasi dinas kesehatan, rumah sakit, klinik, dan puskesmas
• Sistem informasi surveilans penyakit
• Sistem informasi kewaspadaan pangan
• Sistem informasi kesehatan pada saat bencana
• E-learning, sistem informasi pendidikan tenaga kesehatan
• Sistem pelaporan gizi, sistem informasi kepegawaian
• Perancangan situs web dinas kesehatan
• dan distribusi spasial kasus malaria.
Minat SIMKES diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang menguasai sistem dan manajemen informasi kesehatan. Secara khusus program pendidikan ini bertujuan untuk mendidik peserta agar mampu:
• Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang dan merekayasa sistem informasi untuk peningkatan kinerja pelayanan kesehatan
• Mengidentifikasi dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem dan manajemen informasi kesehatan.
• Memiliki wawasan yang komprehensif mengenai cakupan informatika kesehatan (dari bioinformatika kedokteran, informatika klinis sampai dengan informatika kesehatan masyarakat termasuk multimedia) dan mengembangkan program informatika kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerjanya.